Tuesday 26 May 2015

Update Lumia Cyan Nokia Lumia 520

Bagi yang belum update, segeralah update Lumia-nya dengan cara masuk ke Settings > System > Phone Update kemudian tap tombol Check for Updates. Aku mendapatkan 2 kali update. Ketika upate yang pertama, versi Windows Phone-nya masih 8.0. Barangkali ini semacam langkah persiapan  Lalu lakukan lagi langkah update misalnya pada atas & kali ini barulah proses update ke Lumia Cyan dimulai.

https://drive.google.com/file/d/1AcEb9sI3YpFTEqAbLOM5szUha57k1uyc5w/view?usp=sharing

Agar proses update optimal dan potensi buat gagal kecil, pastikan baterai Lumia masih mencukupi (Bila tidak yakin lebih baik pada-charge saja) dan pastikan jua free space di memory internal masih cukup. Tidak ada panduan absolut soal seberapa free space yang mesti dialokasikan, yang jelas punya aku masih ada free space 1.Lima GB. Satu lagi, lebih baik update dilakukan dengan memanfaatkan WiFi.

Yang pertama akan eksklusif terlihat adalah perubahan beberapa ikon tile. Ya kalo itu doang mah gak asyik ya, hehe. (ngacir)

Action Center. Sekarang Windows Phone punya notification center semacam yang terdapat di Android. Cara membukanya sama dengan yang pada Android, geser jari dari bagian atas layar ke bawah. Di Action Center ini, selain akan timbul daftar notifikasi (misalnya terdapat email/sms/WA yang masuk), pula dapat diatur soal koneksi Wi-Fi, Bluetooth, mode pesawat, pengunci rotasi, serta tombol buat masuk ke halaman Settings.

Indikasi koma pada keyboard hilang! Wah, parah dong. Gak hilang sih sebenarnya, cuma sembunyi. Aku juga tidak tau alasan pengembang Lumia menyembunyikan tanda koma di keyboard (mesti menekan tombol &123 dulu baru timbul). Akan tetapi ternyata penyelesaiannya mudah. Masuk ke Settings > System > Keyboard dan tekan tombol Advanced. Aktifkan opsi Show a comma key when available.
Word Flow keyboard. Ini semacam Swype yang ada pada Android. Sayangnya cuma berlaku untuk Bahasa Inggris saja. Bila mau sedikit repot, pakai setting Bahasa Inggris dan inputkan celoteh dalam Bahasa Indonesia yang sering dipakai, nanti lama-lama berasa pake Word Flow berbahasa Indonesia. (upss)
Bila ada update tersedia untuk pelaksanaan yang sudah diinstal, update akan dilakukan secara otomatis Bila terkoneksi dalam jaringan WiFi.
Laman Start dapat diberi background. Live tile yang mempunyai warna theme kini akan sebagai tembus pandang & background akan terlihat. Buat memberi gambar background, masuk ke Settings > Start + theme kemudian tekan tombol Choose Photo.

Jumlah tile bisa ditambah, meski lalu sebagai lebih kecil daripada sebelumnya. Apabila sebelumnya lebar layar maksimal menampung 4 tile, sekarang bisa 6. Buat mengaktifkannya, masuk ke Settings > Start + theme lalu pada bagian Show more Tiles, tekan tombol Off sebagai On.
Screenshot kini diambil dengan cara menekan kombinasi tombol Power & Volume Up, bukan lagi Power dan tombol Start.

0 komentar

Post a Comment