Tuesday 27 September 2016

Pengertian Mangle pada mikrotik

Pengertian Mangle pada mikrotik.
Mangle adalah suatu cara yang digunakan untuk menandai atau mark paket data dan suatu koneksi yang bisa diterapkan pada fitur fitur mikrotik yang lain, contoh pada routes, pemisahan bandwidth pada queues, NAT dan filter rules. mangle padamikrotik hanya dapat dipakai pada mikrotik itu sendiri. Dan yang penting proses pembacaan rule mangle ini dilakukan dari urutan pertama ke bawah.

Ada jenis jenis penandaan atau mark pada Mangle yaitu Packet Mark, Connection Mark, dan Routing Mark. Secara default mangle terbagi menjadi beberapa chain, yaitu :

  • Chain Input digunakan untuk menandai trafik yang masuk menuju ke router mikrotik serta hanya dapat menentukan In. Interface saja.
  • Chain Output digunakan untuk menandai trafik yang keluar melewati router mikrotik serta hanya bisa memilih Out. Interface saja.
  • Chain Forward digunakan untuk menandai trafik yang keluar masuk melalui router dan dapat memilih In dan Out Interface.
  • Chain Prerouting dipakai untuk menandai trafik yang masuk mengarah serta melalui router (trafik download). Chain ini hanya dapat memilih Out. Interface saja.
  • Chain Postrouting digunakan untuk menandai trafik yang keluar serta melalui router (trafik unggah) serta hanya dapat memilih In. Interface saja.
Dengan beberapa chain diatas, anda dapat menandai trafik baik itu game online, browsing, download serta unggah dengan menandai paket informasi dan  koneksinya dari protocol serta destination portnya yang sudah tersedia didalam fitur Mangle mikrotik. Adapun jika ingin menandai trafik situs misal facebook serta youtube, anda bisa menambahkan nama situsnya ke kolom Content.
Supaya lebih mudah dipahami berikut contoh setingan implementasinya.

4 komentar: