Thursday 28 May 2015

Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh

Buah naga tidak hanya membagikan berkah bagi warga Vietnam dan China. Buah ini memang bermanfaat bagi semua orang yang mengkonsumsinya, terutama ibu hamil. Berdasarkan jenisnya buah naga dibedakan menjadi empat jenis, meskipun terkadang orang hanya membedakan menjadi 2 yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Hal ini ditimbulkan karena warna merah & putih merupakan warna secara umum dikuasai daging buah, sedangkan kulitnya bisa berbeda satu sama lain. Berikut adalah jenis buah naga yang perlu anda ketahui:
  1. Hylocereus undatus, kulit buah berwarna merah namun daging buah berwarna putih
  2. Hylocereus polyrhizus, kulit buah berwarna pink / merah muda sedangkan daging buah berwarna merah
  3. Selenicereus megalanthus, kulit buah agak kuning dan daging buah berwarna putih
  4. Hylocereus costaricensis, baik kulit dan daging berwarna sangat merah

Keempat jenis buah merah tersebut sama-sama memberikan khasiat buat mencegah & mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dll. Hal ini dikarenakan buah naga banyak mengandung Vitamin C, B1, serat, asam folat & karoten. Saya akan membahas lebih lengkap mengenai manfaat apa saja yang mampu anda peroleh dari mengonsumsi buah naga.

1. Mencegah Kanker

Kita tahu bahwa kanker merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini sulit & mahal buat diobati, sang karenanya kita mampu melakukan pencegahan dengan seringkali mengkonsumsi buah naga. Kandungan antioksidan didalam buah naga terbukti ampuh buat mengurangi resiko kanker.

2. Mengurangi Resiko Diabetes Melitus

Buah naga banyak mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Bila kadar gula darah mampu dikontrol maka resiko diabetes dapat diminimalisir. Bagi yang memiliki keturunan diabetes, seringlah mengkonsumsi buah naga agar resiko anda mengalami diabetes semakin mini . Ingat bahwa saya pernah menuliskan artikel mengenai penyebab diabetes yang salah satunya berasal dari faktor keturunan.

3. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

misalnya halnya kanker, penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Sang karenanya lebih baik kita mengantisipasinya daripada wajib mengobati. Kandungan yang dimiliki oleh buah naga dipercaya berkhasiat buat mengurangi resiko serangan jantung pada insan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Bila anda ingin mencari alternatif susu sebagai pemasok primer asupan kalsium, anda dapat mencoba dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin. Dari FAO (badan PBB yang mengurusi pangan), kandungan kalsium & fosfor dalam buah naga relatif tinggi. Menjaga kekuatan tulang adalah langkah anda untuk mengurnagi resiko osteoporosis & pertarungan tulang yang lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat buah naga selanjutnya diperoleh dari kandungan betakaroten yang berguna buat kesehatan mata. Anda bisa mengkombinasikannya dengan wortel bila anda mulai bosan dengan sajian yang itu-itu saja. Bila sebelumnya anda hanya mengkonsumsi juz wortel yang cita rasanya agak aneh, kini anda bisa merubahnya dengan juz buah naga yang notabene lebih sedap daripada juz wortel. Biasakan rutin buat mengkonsumi buah naga supaya mata anda lebih sehat & jernih.

6. Dapat untuk Diet

Bagi yang sedang menjalani program diet, anda dapat mencoba memakai buah naga buat asupan gizi anda sehari-hari. Buah naga terkenal kaya akan kandungan serat & rendah kalori. Anda bisa mengontrol jumlah kalori anda dengan gampang memakai buah naga karena kandungan kalorinya yang relatif rendah. Anda pula tidak perlu khawatir akan cepat lapar sebab kandungan serat yang dimiliki sang buah naga cukup membuat anda kenyang.

7. Anti Aging

Sebenarnya khasiat buah naga tidak hanya buat kesehatan saja, tetapi juga buat kecantikan. Perawatan agar selalu tampil manis dan awet muda memang membutuhkan dana yang cukup besar maka dari itu anda bisa mencoba menggunakan buah naga sebagai cara lain . Nutrisi yang dimiliki sang buah ini dipercaya mampu buat membersihkan kulit, mengencangkan kulit & mencegah jerawat.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Jika anda ingin badan anda tidak gampang sakit, selain berolahraga dan istirahat yang cukup tentu saja anda perlu memilih makanan yang baik dan memiliki kandungan yang relatif. Kandungan vitamin C, protein, & potassium dalam buah naga dipercaya bisa menangkal penyakit yang tiba. Jika anda merupakan orang yang gampang sakit ketika pergantian ekspresi dominan, sebaiknya anda mencoba mengkonsumsi buah naga secara rutin.

9. Melancarkan Pencernaan

Khasiat buah naga yang paling dahsyat merupakan membantu anda bila sedang mengalami masalah pencernaan. Vitamin B1 & serat larut pada buah naga sangat efektif buat melancarkan pencernaan. Anda dapat membuah juz buah naga supaya gampang dicerna & membantu melarutkan penyumbatan diusus.

10. Menjaga Kesehatan Gigi

Bila anda mempunyai permasalahan gigi, saya sarankan buat mengkonsumsi buah naga. Cara termudah supaya anda mampu mengkonsumsi buah naga merupakan dengan cara membuat juz. Juz buah naga mempunyai manfaat yang relatif besar sebab kandungan kalsium & fosfornya yang relatif tinggi.

11. Untuk Mendeteksi Kandungan Boraks & Formalin

Beberapa masalah penggunaan boraks & formalin dalam makanan sempat membuat cemas masyarakat. Bahan yang relatif berbahaya ini dicampurkan untuk bahan pengawet agar penjual tidak merugi apabila dagangannya tidak habis terjual. Bila anda ingin melakukan ujicoba mendeteksi formalin pada memahami misalnya, anda dapat memakai ekstrak dari buah naga dan air untuk merendam tahu yang dicurigai mengandung formalin. Sehabis anda mendiamkan setidaknya 15 mnt anda bisa memasukkan kertas tisu pada rendaman tadi, warna tisu akan menjadi merah.

12. Bermanfaat buat bunda Hamil

Manfaat buah naga untuk mak hamil sangat besar. Hal ini karena buah naga mempunyai kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harganya yang cukup terjangkau, khasiat buah naga ini sangat penting buat kesehatan janin anda. Mengkonsumsi buah naga secara rutin adalah langkah awal buat pertumbuhan & kesehatan janin anda.

Sebenarnya masih banyak manfaat buah naga yang belum dapat aku tampilkan disini, hal ini sebab buah naga dikenal dengan buah seribu manfaat. Beberapa manfaat tadi tentu saja diperoleh dari konsumsi secara rutin. Cara gampang buat mengkonsumsi buah naga artinya dengan membuah juz buah naga. Jus buah naga akan mudah dicerna apalagi buat bunda hamil. Jika anda penasaran bagaimana buah naga ini dapat bermanfaat buat janin anda, silahkan buka artikel mengenai manfaat buah naga buat mak hamil.

0 komentar

Post a Comment