Saturday 30 May 2015

Cara kerja monitor LCD (Liquid Cristal Display)

          Monitor LCD atau Liquid Cristal Display mempunyai dua bagian utama yaitu blacklight dan juga kristal cair. backlight berfungsi sebagai sumber cahaya LCD yang biasanya ada 1 sampai 4 buah seperti lampu neon. backlight ini berwarna putih. sedangkan kristal cair pada LCD dapat menampilkan berbagai warna. kristal cair menyaring cahaya dari backlight. ratusan cahaya dari warna putih akan terlihat jika cahaya putih tersebut mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. warna yang akan dihasilkan akan tergantung pada sudut refleksi. jadi jika beda sudut refleksi akan berbeda warna yang akan dihasilkan. kristal cair dapat berubah sudutnya apabila dikasih tegangan listrik dengan nilai tertentu. jadi tugas kristal cair untuk merefleksikan cahaya yang berasal dari backlight, dan cahaya dari backlight tersebut dapat menjadi berbagai warna.

        Response time kristal cair bekerja membuka dan menutup seperti tirai jendela. proses buka tutup ini mengikuti pergerakan layar. karena itulah ada istilah response time di LCD. response time itu waktu yang dibutuhkan saat berubah posisi saat kristal cair tertutup ke posisi terbuka. semakin cepat response time maka monitor semakin baik.

       sudut pandang monitor LCD terbatas jika dibandingkan monitor CRT. objek pada monitor CRT dapat terlihat dari sudut 180 derajat sekalipun. tetapi tidak dengan monitor LCD. jika kita memandang sedikit bergeser dari LCD maka objek akan terlihat lebih gelap atau lebih terang.





0 komentar

Post a Comment