Wednesday 28 September 2016

Pengertian Proxy


A. Pengertian Proxy

Pengertian proxy adalah server yang menyediakan suatu fasilitas untuk meneruskan setiap permintaan user terhadap server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau program komputer yang memilikki peranan untuk penghubung antara suatu PC dengan internet.

B. Cara kerja Proxy server

Bagaimanakah proxy bekerja? Sejujurnya prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana, saat user menggunakan layanan suatu proxy lalu meminta arsip atau informasi yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet. Dan saat proxy server sudah mendapatkan apa yang dianjurkan oleh user, proxy akan memberikan respon terhadap user jadi seolah-olah dialah public servernya.



C. Manfaat Proxy
berikut ini beberapa fungsi proxy

1. Fungsi conecting sharingsalaah satu fungsi proxy adalah menjadi connecting sharing adalah menjadi penghubung atau perantara pengambilan info dari suatu alamat Internet Protocol serta diantarkan ke alamat Internet Protocol lainnya ataupun kepada IP komputer user.

2.Fungsi filtering
Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang bisa memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tak dapat diakses dengan memakai proxy itu. Itulah salah satu fungsi dari proxy menjadi filtering. Baca juga: Pengertian firewall serta manfaatnya terlengkap.

3.Fungsi caching
Serta manfaat proxy yang lainnya yaitu sebagai kegunaan caching, maksudnya adalah proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan informasi dari suatu web, dari query ataupun permintaan user akses. Misal permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke web pada pengguna proxy sebelumnya. ialah fungsi proxy menjadi caching.



1 komentar:

  1. Mas mana tutorial setting proxy di mikrotik

    ReplyDelete